Diriku Seorang Introvert

Konbawa~ hehee~

Apa sih introvert itu? Introvert itu seperti saya, jadi kalau mau tau tentang introvert liat aja kehidupan sehari-hari saya hehe (wtf). Yayaya… introvert itu kalo di search di mbah google adalah….

Introvert atau Introversion adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.

– Ciri-ciri Introvert:

a. Senang menyendiri
b. Pemikir
c. Pemalu
d. Pendiam
e. Lebih senang bekerja sendirian
f. Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang (1 on 1 interaction)
g. Susah bergaul (kuper)
h. Senang berimajinasi
i. Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
j. Senang dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai dsb)
k. Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
l. Berpikir dulu baru berbicara/melakukan
m. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan

SEMUA CIRI-CIRI DIATAS ADA PADA DIRI SAYA!! Bener banget, semuanya bener (T^T) huhuhu…  Akhirnya ada juga yang ngertiin ciri-ciri introvert T_T #tepokjidat.

Awalnya bisa jadi introvert, hmmm mungkin karena dari kecil mainnya game console terus di rumah, jadi jarang berinteraksi sama temen di luar hehee xD (jangan ditiru).
Yap, dulu sempat kepikiran untuk berubah menjadi extrovert dengan cara membaur dan membuka topik setiap kali ngobrol ma orang, tapi entah kenapa ujung-ujung nya malah jadi aneh dan krik krikk… mungkin karena dipaksa jadinya aneh huhu, apalagi disaat orang ngajak bercanda cuma bisa bales “hehe” doank (miris banget), akhirnya karena lelah kuurungkan niat untuk menjadi extrovert dan menjadi diri sendiri (bilang ja ga bisa move on #teehee  xp).

Dan menjadi introvert di kantor menjadi salah satu pengalaman yang melelahkan juga sampe sekarang (makannya pingin jadi ibu rumah tangga aja di rumah xD).
Ku kerja di salah satu digital agency di Jakarta, maklum namanya digital agency orangnya gaul-gaul dan ga kuper seperti saya yang jiwanya jiwa ibu rumah tangga (padahal belum berkeluarga) hehe.

Pertama masuk kantor, perkenalan ke tiap orang, salaman dan nyebut nama, padahal dalem ati “paling besok juga sudah lupa” sedih karena udah biasa jadi shadow yang ga dianggep x’D (ini agak LEBAY sih *skipskip) wkwk.

Selesai perkenalan makan siang pun tiba, tapi etapiii… kok makan siangnya ku sendiriii T^T , akhirnya karena udah keburu laper akhirnya makan sendiri. Kadang suka heran sih ini kantor apa SMA (?) kok pada “genk-genk” an.

Ada anggapan sebagian orang kalo introvert itu ga mau berbaur ma orang lain alias sombong, ini asli ga bener, percayalah orang introvert itu pingin deket ma orang lain tapi cuma bingung gimana mulainyaa.Heehhe… Sebenarnya introvert itu juga gilanya sama orang-orang tertentu doank..

Back to Kantor lagi! Nah karena udah 1 tahun di kantor akhirnya punya teman-teman ngumpul juga (walaupun prosesnya lama) dan kebanyakan teman kumpulnya ya karena senasib juga sih (karena selalu sendirian) wkwkwk. Sekarang tiap makan di kantin kantor, kalau liat orang makan sendirian di pojokan gitu pasti inget “Ya ampun, itu diriku yang duluuu hahaha” (jadi pingin puk-puk tu orang, terus bilang ganbatte sambil mewek T^T). Mungkin kalo di anime, diriku yang introvert seperti Mirai Kuriyama di Kyoukai no Kanata x’D. 不愉快です!

Sebenarnya Alhamdulillah juga sih jadi introvert ga selamanya buruk, salah satunya saat orang lagi ngegosip, nah tuh mending diem kan daripada nambah-nambah dosa. Ada lagi hal positif lainnya menjadi seorang introvert.

  1. Pendengar yang Sangat Baik
    Seorang introvert itu memang terlahir dengan telinga yang peka. Walaupun mereka jarang mengeluarkan sepatah kata dari mulutnya, tapi telinga mereka selalu setia mendengarkan setiap kata yang ada di sekelilingnya. Mungkin orang biasa melihat introvert sebagai orang yang kalem/pendiam di lingkungan sosial, tapi saat mereka diam, sebenarnya mereka sedang mempelajari dan mengamati apa yang ada disekitarnya, yaitu dengan cara melihat dan mendengarkan. Jadi, jangan kaget kalau diam-diam ternyata introvert tahu banyak hal. Selain itu, karena mereka adalah pendengar yang baik, introvert cocok untuk dijadikan teman curhat.
  2. Teman yang Berkualitas
    Berbeda dengan ekstrovert yang punya banyak teman dimana-mana, introvert cenderung kuper. Tapi hal ini yang membuat seorang introvert menjadi teman yang berkualitas. Karena introvert melihat teman bukan dari kuantitas (jumlah), tapi dari kualitasnya. Introvert itu hanya ingin berteman dengan orang yang benar-benar ingin menjadi temannya. Karena itu, mereka juga lebih menghargai temannya, karena bagi mereka untuk mendapatkan teman itu tidaklah mudah.
  3. Mempunyai Pikiran dan Imajinasi yang Sangat Luas
    Walaupun mereka diam, tapi pikiran seorang introvert gak pernah diam. Pikiran mereka selalu berjelajah tanpa henti dan sangat luas. Oleh karena itu introvert suka terlihat pasif karena sebenarnya mereka lebih menikmati untuk aktif di dunia khayalan/imajinasi. Jadi introvert itu sangat cocok untuk menggeluti bidang atau pekerjaan yang berhubungan dengan banyak berpikir/berkhayal. Kalau anda perhatikan juga, orang yang jago gambar, melukis atau desain itu rata-rata introvert.
  4. Jago Menulis
    Selain jago menggambar, melukis atau desain, biasanya introvert juga jago menulis. Masih ada hubungannya dengan yang di atas. Walaupun introvert kurang ahli dalam berbicara, tapi otak mereka ahli untuk membuat kata-kata yang menarik. Karena imajinasinya yang luas, introvert juga dapat membuat cerita yang unik dan menarik untuk dibaca.
  5. Lebih Mandiri
    Karena sering menyendiri, introvert terbiasa melakukan segala hal sendirian. Hal tersebut membuatnya menjadi lebih mandiri. Berbeda dengan ekstrovert yang biasanya melakukan sesuatu hal ramai-ramai atau berkelompok.
  6. Penyabar
    Selain terbiasa melakukan hal sendirian, introvert juga udah terbiasa dengan menunggu. Introvert gak akan merasa kerepotan untuk menunggu, karena mereka udah terbiasa berdiam diri dalam waktu yang lama. Karena itu, introvert merupakan orang yang lebih penyabar daripada ekstrovert.
  7. Mempunyai Aura yang Damai
    Introvert gak suka dengan yang namanya menyelesaikan masalah dengan fisik, mereka lebih cenderung menyelesaikan masalah dengan berpikir. Introvert kurang suka dengan yang namanya kekerasan atau hal yang berbau “keras” atau merepotkan. Mereka adalah orang yang damai yang suka menyelesaikan masalah dengan cara yang damai dansimple.
  8. Memiliki Sifat Tekun dan Bertanggung Jawab
    Yang terakhir yaitu tekun dan bertanggung jawab. Ya, seorang introvert cenderung memiliki sifat yang tekun dan bertanggung jawab. Mereka bukan tipe orang yang sering suka keluyuran keluar rumah dan hura-hura, karena mereka adalah anak rumahan. Walaupun ada introvert yang pemalas, tapi mereka tetap akan menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

 

Viola!! Ga selamanya jadi introvert itu buruk (ngelegowo dhewe), selama ga punya masalah aja sama orang lain, well it’s okay. Hehe

Jaa! Mata ashita nee~ ^^

Advertisements

5 thoughts on “Diriku Seorang Introvert

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s